Kamis, 29 September 2011

HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI (doeloe bgt kepengurusan taun 2010)

lOGO HMPG
HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI
logo IMAHAGI
Himpunan  Mahasiswa Pendidikan Geografi FISE UNY merupakan  rumusan konseptual mengenai arah kebijakan program kerja sebagai perwujudan
aspirasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi dan Program Studi Pendidikan IPS. Organisasi ini pada periode kepengurusan 2010-2011 mengawali langkahnya pada tanggal  25 Januari 2010 dan diketuai oleh Muhammad Arif Fauzi (mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2008).
Dalam menjalankan fungsinya, ketua dibantu oleh wakil ketua Nurul Inayah yang mengurus segala keperluan intern organisasi., sekretaris  Amin Fitriyah dan Riko Septiantoko mengurus segala administrasi kesekretariatan, dan bendahara Yumi Hartati dan Ari Setyaningrum yang mengelola keuangan HMPG. Keempat unsur tersebut merupakan pengurus inti.
Visi Misi HMPG
1.       Visi
Menciptakan iklim organisasi yang bernuansa kekeluargaan berasaskan nasionalis dengan mengedepankan iman dan takwa
2.       Misi
-Menguatkan hubungan internal dalam keluarga mahasiswa pendidikan geografi dan ips.
-Meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.
-Mengembangkan intelektual sebagai wahana meningkatkan daya nalar dan ilmiah mahasiswa.
-Meningkatkan hubungan dengan jaringan eksternal yang bernuansa pendidikan dan ilmu geografi.
-mewadahi potensi-potensi serta sumber daya yang ada dalam lingkungan Himpunan Mahasiswa  Pendidikan Geografi.
-memperkuat peran media sebagai sarana pencitraan dan informasi yang sesuai dengan karakteristik HMPG.

Bidang-bidang yang membuat kerja-kerja pengurus lebih fokus antara lain :

1.       Kesejahteraan dan Advokasi Mahasiswa
Bidang ini sebagai wadah pelayanan untuk menampung dan menyalurkan aspirasi anggota HMPG FISE UNY. Pada periode kepengurusan ini biangnya oleh Riang Rarantean. Saat ini kesvoma memiliki program : Sharing dosen mahasiswa (shardoma), baksos, GPS (gerakan peduli sesama), dan malam keakraban.
2.       Pengembangan dan Pemberdayaan Organisasi
Bidang ini dikoordinatori oleh Primanisa, koordinator ini khusus diimpor langsung dari Prodi IPS yang akan mempersiapkan kelahiran Hima baru HIMA IPS. PPO yang mengurus sosialisasi, eksistensi dan kaderisasi anggota HMPG serta penguatan fungsi organisasi. Melalui bidang ini, HMPG berhasil menggalakkan kembali organisasi IMAHAGI yaitu ikatan mahasiswa geografi Indonesia, organisasi tingkat nasional beberapa tahun lalu.
3.       Penelitian dan pengembangan
Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan intelektual anggota HMPG FISE UNY. Bidang ini dikoordinatori oleh cewek asal Kudus Annisa Maulani. Banyak progam kerja tingkat nasional yang telah dan akan terlaksana. Dan tahun ini akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Geografi tingkat nasional dan Lomba cerdas cermat geografi.
Arahan Program :
a.       Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat akademis dan keilmuan dalam menyikapi fenomena yang terjadi di lingkungan kampus maupun di luar kampus
b.       Sebagai wahana pengembangan daya nalar dan ilmiah mahasiswa melalui aktivitas-aktivitas yang mendukung keberlangsungan pendidikan.
4.       Jurnalistik dan Informasi
Mengembangkan dan melatih kepekaan anggota HMPG FISE UNY mengenai kondisi aktual melalui bidang jurnalistik. Dinahkodai oleh pria berkacamata asal Godean, Rohmad Nur Sulistyawan ini memulai misinya dalam mengembangkan jaringan keluarga alumni Pendidikan Geografi UNY.
5.       Minat dan Bakat
Menggali dan mewadahi seluruh potensi dan kreativitas anggota HMPG FISE UNY. Menumbuhkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan alam serta mengembangkan keterampilan anggota HMPG FISE UNY untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan alam dalam divisi Escarpment. Dan menggali dan mewadahi potensi anggota HMPG FISE UNY dalam bidang olahraga dan seni dalam divisi Olahraga dan Seni. Bidang ini digawangi oleh Ratna Eno De’porras, pria gagah keriting asal Sukoharjo yang juga merupakan manajer tim sepakbola HMPG.

Foto kegiatan

2 komentar:

Amin Fitriyah mengatakan...

walahh..ternyata kepengurusan itu udah berlalu Om..Kalo di inget-inget...mengesankan juga...(all D'best:he h

ariftaka mengatakan...

iyya..jadi prasasti di jiwa masing2 saja